Friday 2 June 2017

REVIEW PEMBUATAN PEDANG NAOTSUGU LOG HORIZON S2 PART 1 (NAOTSUGU SWORD LOG HORIZON S2)



     Halo semuanya, gimana kabarnya ?, pastinya sehat selalu. Karena kalo sakit pasti bakal gak bisa crafting kostum, hahaha. Kembali lagi dengan Gremory Cosmaker yang amatiran disini, kali ini aku akan meng-Review pedang yang baru saja aku buat di bulan juni 2017 yaitu pedang Naotsugu dari anime Log Horizon S2. Kenapa judulnya REVIEW, karena aku gak sempat bikin tutorialnya, dan aku juga bingung mau kasih judul apa. Akhirnya postingan kali ini cuma aku kasih lihat hasil jadinya aja yang bisa dibilang lumayan lah untuk kelas amatiran kayak aku.

     Ini salah satu pesenannya anggota ku (COSUKAZE), dia minta aku untuk membuat full kostumnya. Jadi gak cuma pedang aja yang bakal aku buat, tapi juga tameng dan armornya. Part 1 ini cuma pedangnya aja, untuk part – part selanjutnya akan buat full tutorialnya (kalo aku ingat ya). Mari kita langsung saja ke penjelasannya, pertama yang perlu disiapkan pastinya adalah bahan, untuk bahan saat ini (tanpa pengecatan) yang aku pakai adalah busa ati ukuran 2mm dan 5mm, kayu kiloan kayaknya jenis kayu jati, lalu kertas karton yang tebalnya ukuran sedang (gak ngerti ukurannya aku) seperti berikut ini :



   Sebenarnya untuk kayu yang aku pakai saat ini banyak kelemahannya, terutama dari segi kekuatan. Karena pembuatan ku campur kertas karton, kalo kayu dijepit sama kertas karton akan sedikit lebih berat dan rawan patah didalamnya, apalagi itu belum dilapis busa ati dan detail – detail lainya. Dikota ku cukup sulit nyari kayu yang lebar dan karena keterbatasan dana dan alat pengolahnya jadi pakai kayu kiloan alternatifnya. Memang lebih murah tapi resiko ditanggung sendiri kalo bawanya gak hati – hati apalagi buat perfom di panggung. Untuk pembuatan nya aku menjepit kayu tersebut dengan kertas karton yang sudah dibentuk menyerupai bentuk pedang, jadi kalo nanti dilihat dari urutan lapisannya nanti seperti ini, lapis pertama busa ati tipis 2mm (buat detailnya), selanjutnya busa ati tebal 5mm, selanjutnya kertas karton, lalu baru kayunya di lapisan paling dalam. Dan hasil akhirnya nanti seperti ini :


Selanjutnya kita lihat detailnya seperti ini jadinya,


   Untuk mata pedang nya aku buat dari 2 buah busa ati ukuran 5mm yang disatukan pakai teknik potong miring (lain kali aku buat kan video tekniknya), dan jadinya seperti ini :


   Sekarang lanjut ke Tsuba dan Tsuka, kalo bingung bagian mana itu bisa cek gambar ini (itu sebenarnya untuk penjelasan pada pedang katana / shinai,dll. Biar lebih gampang aku pakai istilah itu aja)


   Untuk Tsuba aku pakai campuran busa ati tipis dan tebal, dan diantara dua busa ati tersebut. Ditengahnya aku kasih kertas karton biar lebih kaku dan gak lebay. Lalu dilubangi bagian tengahnya, aku lubangi biar bisa dimasuki kayunya seperti tutorial pembuatan pedang tensa zangetsu yang aku buat di tutorial sebelumnya. Selanjutnya ke Tsuka, sama pada Tsuba cuma gak pakai kertas karton karena cuma buat pegangan tangan saja. Dan hasilnya seperti berikut ini :


   Sekarang masuk bagian yang terakhir, bagian bawah Tsuka. Aku pakai campuran bahan kertas karton untuk membentuk kotak di ujungnya biar lebih kaku, dan hasilnya seperti ini :


   Akhirnya selesai juga review kali ini, aku cuma bisa menjelaskan point – point penting nya saja karena tidak aku buat tutorialnya. Mohon maaf untuk kurang lebihnya, bagian part 2 nya nanti yaitu pembuatan tamengnya, jadi jangan lewatkan postingan dari gremory cosmaker ya, bye.

No comments:

Post a Comment