Friday 25 November 2016

Cara membuat topeng tengkorak ala cosplay (WIP)(OC Skull)

Halo, kembali lagi dengan Gremory Cosmaker. Kali ini aku akan ngasih tutorial cara membuat Original Character Skull. Menurut ku ini nggk bisa dibilang tutorial, karena pas pembuatan ini tidak banyak yang aku foto tahap – tahapannya. Ini juga butuh skill kelas menengah, terutama imajinasi, jadi mungkin yang belum terbiasa akan kesusahan. Langsung saja aku mulai, karena ini OC alias Original Character yang perlu kalian siapkan adalah referensi sebanyak – banyaknya tentang skull atau tengkorak. Yang aku pake sebagai referensi sekarang adalah tengkoraknya Momonga dari serial anime Overlord. Ini gambar nya bisa dilihat di bawah



Pertama – tama siapkan bahan untuk membuatnya :

  Bahan :

  • Kertas karton (jangan terlalu tebal maupun terlalu tipis)
  • Busa ati (tebal o,5cm dan tipis 0,2cm
  • Bola pingpong
  • Lem Fox (Castol juga bisa)
  • Lem G (Alteco juga bisa)
  • Lem Bakar (Jika diperlukan
Alat – alat :
  • Pisau Cutter
  • Gunting
  •  Penggaris
  • Pensil
  • Korek api
  • Kompor (Untuk memanaskan busa ati agar merata, jadi mungkin kalian akan sering - sering ke dapur)
Setelah itu, kita beralih ke kertas atau bikin pola. Kita akan bikin pola dasar kepala / topeng, aku minta maaf karena tidak punya mal untuk kalian coba di rumah, ini aja aku minta dari relasi ku di luar kota. Saran ku kalian cari aja di google atau forum – forum yang biasa kalian temui. Akan lebih bagus kalo kalian bisa bikin sendiri, itu juga bisa meningkatkan skill kalian. Lalu, aku umpamakan kalian udah punya pola dasaran kepala / topeng yang akan kalian buat. 


Setelah pola di buat, kita pindah ke busa ati. Cetak gambar di busa ati sesuai pola yang kalian buat. Lalu potong, dan tempel menjadi satu sampai jadi dasaran kepala/ topeng.




Nah selanjutnya adalah bermain imajinasi dan ini cukup sulit. Pas bagian ini aku hanya bisa ngasih saran aja, Pertama lihat referensi kalian. Jika kalian udah dapat ide atau rencana, gambar langsung ke busa ati. Potong, lalu tempelkan sampai membentuk sebuah kerangka pembentuk wajah tengkorak, inti pada bagian ini adalah membuat bentuk bagian – bagian tengkorak biar kelihatan asli. Berikut adalah hasil dari imajinasi ku.


Buat aja sesuai selera kalian. Kalian tidak harus membuatnya seperti milik ku, karena ini lebih rumit dari yang kalian bayangkan.

Selanjutnya kita butuh busa ati tipis untuk membungkus kerangka atau bisa di bilang kulitnya. Potong ukuran yang cukup untuk membungkus kerangkanya (agak lebar malah bagus untuk jaga – jaga). Lalu Kalian juga perlu siap – siap ke dapur untuk memanaskan busa ati tipisnya menggunakan api kompor agar mau menempel sesuai kerangka yang ada di dalamnya. Arah kan busa atinya yang mau dihangatkan, lalu tekan – tekan menggunakan tangan kalian agar bentuknya terlihat. Dibagian ini butuh kesabaran, yang di utamakan kehati – hatiannya. Karena kalau busa ati nya terlalu dekat dengan api di kompor bahannya akan leleh. Oh ya, bagi kalian yang tidak kuat panas, aku sarankan pake sarung tangan. Setelah terbentuk, kalian lem juga menggunakan lem fox bagian dalamnya atau busa ati tipisnya. Secara bertahap , setelah dibakar, dibentuk, lalu di lem. Seperti itu alurnya dan lakukan terus sampai jadi semua. Berikut adalah hasilnya



Kalau sudah, sekarang tinggal kita rapikan, cukup menggunakan korek untuk menghangatkan bagian – bagian sudutnya. Setelah jadi, potong pinggirannya. Biar nggk mengelupas kasih lem fox di pinggirannya. Berikut adalah hasilnya


Tahap diatas udah selesai, sekarang aq tambah aksesoris tambahan. Yang akan aku tambahkan adalah dua buah tanduk dan 1 mata di dahinya. Pertama kita bahas tentang tanduk nya, untuk pola nya ini murni desain ku sendiri, mungkin agak ribet sedikit. Ini adalah polanya yang sudah aq taruh di busa ati dan di potong


Seperti yang kalian lihat, ini adalah 3 buah potongan. Alasan saya buat seperti ini adalah supaya tanduk sedikit melengkung kayak tanduk domba. Setelah di pasang dan di tambah beberapa bagian hasilnya seperti ini



Setelah terbentuk seperti yang di atas. Lalu bungkus pola tersebut dengan busa ati tipis, ini sedikit sulit jadi perlu ekstra ketelitian. Nah, jadinya akan seperti ini


Lalu buat lagi tanduk nya untuk sisi sebelahnya

Setelah jadi semua. Kita ambil bola pingpong untuk membuat mata di dahi nya, bola pingpong di potong setengah lalu tempelkan diatasnya. Biar kelihatan ada kantung matanya, kalian bisa membuatnya dari busa ati. Untuk punyaku ini masih belum bagus karena baru pertama kali nyoba.

Sampai tahap ini kira – kira udah 70% untuk proses pembuatannya, belum masuk pengecatan loh. Itu ada prosesnya sendiri


Selanjutnya kita akan membuat giginya, untuk membuat giginya kalian bisa potong kecil - kecil busa ati berbentuk tetesan air. Untuk ukuran menyesuaikan topeng kalian, untuk topeng ku ini aku buat 1x1,5 cm tiap – tiap giginya. Karena ini OC, di bagian gigi bawah aku kasih siung di sebelah kiri dan kanannya. Berikut adalah hasilnya


Nah, Sekian tutorial dari Gremory Cosmaker. Kurang lebihnya mohon maaf, karena sejak awal ini nggk aku buat tutorial. Karena bikinnya cukup lumayan susah, apalagi yang beru pertama kali bikin.  Good Bye, semoga kalian bisa membuat Topeng OC versi kalian sendiri.











7 comments:

  1. Keren bnget bang.. .lanjutin kryanya... Klo boleh buat lgi tntang tutorial2 bikin cosply kamen rider... Hihihi

    ReplyDelete
  2. Bos kalau aku pesen topeng ini bisa kah bos aku sangat tertarik ama topeng ini

    ReplyDelete
  3. Kak, Ada channel YouTube buat tutorial ini ga ?

    ReplyDelete
  4. Elo keren bang, Gakk pelit Ilmu, gw doain rejeki lu lo sukses

    ReplyDelete
  5. Josss dan keren...Kalo saya, baru bisa bikin pake kertas karton...helm doang..he..he..

    ReplyDelete