Tuesday 3 November 2015

Cara membuat pedang halilintar Boboiboy (Custom)



Gremory Cosmaker datang lagi untuk menulis tutorial cara membuat pedang halilintar Boboiboy  (Custom). Kenapa Custom ?, karena ini tidak saya buat sesuai ukuran aslinya (menyesuaikan yang cosplay) dan ada beberapa bagian desainnya aq buat beda karena menyesuaikan jenis kayu, soalnya kebetulan saya ada orderan untuk buat pedang ini. Mungkin kalian belum tahu, saya sebenernya males banget crafting kalo bahannya kayu. Selain menyita banyak waktu, tenaga pun jadi jaminan agar hasilnya bagus senjatanya. 


Ok, Langsung saja. Pertama – tama siapkan bahan dan alat dulu

Bahan - bahan :
  • Kayu Triplek yang tebalanya sekitar 1,5cm dan lebar (ini nggk harus triplek, saya pake ini karena mudah mencari bahannya cuma memiliki banyak kelemahan, aku sarankan menggunakan kayu sejenis kayu jati)
  • Cat warna putih dan merah (yang putih ini nggk wajib, Cuma dipake cat dasar aja sebelum warna merah)
  • Pilox Clear (nggk wajib)
  • Plamir kayu (pake dempul mobil, malah jos)
  • Amplas kasar, halus dan amplas waterproof (aku lupa no amplas nya, asal beli aja pas di toko bangunan)
  • Lem G (buat apa ini ?, nanti aq jelaskan trik gila ku)

Alat - alat :
  • Gergaji triplek dan gergaji biasa
  • Penggaris
  • Pensil
  • Kapi (buat mengolesi plamir/dempul)

Kita mulai tutorialnya, pertama – tama ambil tripleknya dulu. Karena Custom, panjangnya saya buat 70cm dengan lebar menyesuaikan desain, biar lebih gampang kalian gambar sebuah persegi panjang dengan ukuran 70cm x 30cm, kalian tidak perlu mengikuti ukuran yang aku buat, buat sesuai selera kalian. Setalah persegi panjangnya dibuat, gambar desain kalian pake pensil, yang tipis – tipis aja gambarnya biar nggk terlalu mengotori tripleknya. Berikut adalah hasilnya



*Seperti yang kalian lihat di gambar no 2, ada pola yang aku beri warna merah. Itu sebuah pola penting jika kalian menggunakan bahan kayu triplek. Kalo tidak diberi itu, bagian yang aku beri garis biru itu akan mudah patah. Untuk jaga – jaga kalian bisa menabahkan pola garis merah yang ada di gambar. Cuma mungkin akan sedikit beda dengan desain senjata yang aslinya (custom), bisa dilihat di bawah yang aslinya


Ada alternatif lain selain menggunakan cara ku itu, yaitu kalian harus menggunakan dempul mobil. Karena triplek akan mengeras jika di olesi dempul mobil, beda dengan plamir kayu yang tujuannya untuk menutupi pori – pori kayu.

Nah kalo udah jadi, ambil gergaji kayu biasa untuk memotong gambar persegi panjang yang kalian gambar tadi. Kenapa yang saya potong persegi panjang nya dulu bukan polanya langsung, karena agar pemotongan polanya biar lebih gampang, karena kita pake gergaji manual, beda dengan yang mesin. Kalo yang mesin, langsung polanya aja kalian bisa. Setelah terpotong ambil gergaji triplek, dan potong sesuai pola. Jangan lupa di amplas setelah di gergaji biar lebih halus (untuk pengamplasan bahan triplek perlu hati – hati, karena akan merusak sudut lancipnya jika kalian mengamplasnya dengan sembarangan. Inilah dibutuhkan trik gila tapi cukup manjur, mula – mula kalian amplas sampai kira – kira cukup halus, lalu ambil lem G dan tetesi pada bagian – bagian yang lancip / yang aku lingkari di bawah biar nggk rusak). Berikut adalah hasilnya.



Tahap selanjutnya adalah, pendempulan. Kalian bebas mau pake apa, pake plamir kayu maupun dempul mobil bisa (tergantung budget kalian), tapi semua itu ada perbedaan untuk hasilnya. Akan aku jelaskan 1 by 1, kalo pake plamir kayu, kalian bisa lihat hasilnya di tutorial ku sebelum nya (Cara membuat pedang Tensa Zangetsu Ichigo), karena bahan yang kita pake sekarang adalah triplek, aku sarankan dempulnya lebih dari satu (untuk plamir kayu). Karena serat kayu triplek agak susah untuk di tutupi, kalo sampai belum ketutup semua, pada proses pengecatan kalian akan kesulitan karena cat akan terserap ke lapisan triplek. Beda lagi dengan dempul mobil, kalian akan mendapatkan hasil yang bagus kalo pake bahan ini. Cuma untuk memakai bahan itu perlu latihan khusus (belajarlah di tukang tambal bodi mobil). Karena dempul mobil cepat sekali keringnya, jadi jika ngolesinya tidak rapi hasilnya akan jelek. Cukup itu aja penjelasannya, soalnya dulu kayaknya pernah aku jelaskan. Dalam tutorial ini saya pake plamir kayu dan saya lapisi sampai 3 kali. Lalu, jemur sampai kering dan amplas. Mula - mula amplas dulu pake amplas kasar, setelah cukup halus ganti dengan amplas halus. Berikut adalah hasilnya


Sekarang masuk tahap pengecatan, ambil cat putih untuk dipakai sebagai cat dasar. Kalian juga bisa langsung mengecatnya menggunakan warna merah, nggk harus putih dulu. Berikut adalah hasilnya


Setelah diberi warna dasar, sekarang lanjut ke warna utama yaitu warna merah. Berikut adalah hasilnya.


Sekarang memasuki tahap akhir, yaitu menyemprotkan pilox clear. Ini nggk wajib loh, karena hanya biar kelihatan mengkilap. Berikut hasilnya, dari foto tidak terlihat jelas. Silahkan dipraktekkan sendiri


Akhirnya selesai juga pembuatan pedang halilintar Boboiboy, dengan minim budget. Bisa menghasilnya sesuatu yang lumayan. Sekian tutorial dari saya, Bye

2 comments: