Monday 18 May 2015

Cara membuat pedang Tensa Zangetsu Ichigo



Halo !!, Kenalkan, saya Gremory Cosmaker (tukang crafting) di Cosukaze Nganjuk. Ini pertama kalinya loh Gremory Cosmaker bikin postingan tentang tutorial pembuatan perlengkapan kostum, jadi mohon dimaklumi jika tutorial & gambarnya kurang lengkap dan bagus. Disini kita akan sama - sama belajar untuk membuat  pedang Tensa Zangetsu Ichigo, So, tanpa basa basi lagi mari kita mulai tutorialnya.

Sebelum dimulai yang pertama kita siapkan dulu bahan - bahan dan alat - alatnya.
Bahan - bahan :
  • Busa ati / Eva Foam, dengan ketebalan 2mm dan 5mm. Disini busa ati nya nggk usah banyak - banyak, jadi seperlunya aja
  • Kayu, dengan panjang kira2 120cm. Untuk jenis nya bisa macam2, yang penting cari yang mudah di bentuk dan kuat.
  • Lem Castol. Lem nya nggk harus ini, bisa pake lem kuning lainya. Misal : Lem Fox
  • Lem G. Sebenernya ini nggk diwajibkan. tp ini digunakan untuk pelapis lem kuning aja biar merekatnya lebih mantab. Ini juga nggk harus lem G, bisa pake lem Alteco
  • Lem kayu Rajawali
  • Pita warna hitam
  • Sticker / skotlet warna merah
  • Kawat. Ini nggk harus kawat, kalo kalian punya rantai asli tp yang kecil bisa pake itu aja.
  • Pengait pigura / sekrup
  • Plamir kayu / dempul apapun
  • Cat pilox warna Hitam, ini nggk harus pake pilox/ cat semprot. bisa pake cat kaleng
  • Cat pilox warna Putih. Kalo ini nggk wajib, karena ini hanya untuk warna dasar
  • Cat Clear, biar kinclong warnanya
  • Rempelas kasar dan halus (sorry lupa No ukurannya)
Alat - alat :
  • Pisau Cutter
  • Alat pelubang
  • Capi
  • Pensil & bolpoin
  • Penggaris
  • Kuas
  • Gunting
  • Kikir besi (bingung nama aslinya), ini diperlukan jika kita pake bahan kawat seperti yang saya sebutkan di atas
  • Tang. ini diperlukan jika kita pake bahan kawat seperti yang saya sebutkan di atas
Setelah bahan dan alat sudah siap kita bisa mulai untuk membuat. Oh ya, sebelum kita otak atik bahannya, saya tekankan untuk semuanya, bahkan anggota di Cosukaze juga dan mungkin semua orang juga udah tahu. Saya harapkan kalian sudah mengumpulkan referesi tentang sejata nya ichigo, mulai dari panjang, karakteristik, dll. Di google ada banyak, bahkan ada juga yg udah bikin, kita tinggal menjadikan itu sebagai acuan saja. Sisa nya kita tinggal mendesain, lalu setelah desain udah jadi baru kita terapkan di bahan. Itu aja, kalo semua udah terpenuhi, mari kita mulai.

  1. Siapkan kayu yang akan di pake. lalu gambar pola nya sesuai yang akan kita buat.
  2. Setelah itu kita bentuk pola nya. Nah dalam pembentukan ini banyak caranya, tapi berhubung saya nggk punya alatnya. Jadi nekat2 aja pake pisau cutter & rempelas kasar, grerget banget kan, sensasinya lebih terasa.

  3. Kalo udah kebentuk, kita mulai pendempulannya. Siapkan Plamir kayu dan Capi nya, Olesi kayu dengan plamir kayu menggunakan capi sampai merata, lalu jemur sampai kering
  4. Sambil menunggu plamir di kayu kering, kita juga bisa sekalian mengerjakan atas pegangan pedang dan gantungannya. Siapkan busa ati ukuran 5mm, dan gambar polanya seperti ini, buat 2 buah ya polanya. Setelah 2 pola kebentuk, kita jadikan satu (biar agak tebal) menggunakan bantuan lem Castol, untuk lebih mantapnya bisa ditambah lem G pada sisi sambungannya. Selain pake busa ati, kita juga bisa menggunakan kayu, tp karena keterbatasan alat, saya jadi nggk bisa membuatnya (pengennya kayu sih sebenernya). Untuk gantunngan yang ada dibawah pegangan saya peke kawat, atau alternatif lain pake rantai asli tp yang kecil loh, jangan yg besar. Maaf ya, untuk bagian ini dan bagian gantungannya saya nggk sempat ngefoto. Tp nanti bisa di cek di next step. 
  5. Kita kembali ke kayu tadi, setelah kering kita amplas pake rempelas kasar agar permukaannya sedikit lebih halus. Selanjutnya kita amplas lagi tp pake rempelas halus biar lebih halus lagi permukaannya. Lalu kembali ke busa ati lagi, pola yang udah dibuat tadi tengahnya kita lubangi biar bisa di masuki kayu, lalu beri lem G. Selanjutnya siapkan busa ati 2mm, sebagai detailnya. pada bagian bawah pegangan, kita lubangi untuk dipasangi pengait pigura. (biar nggk bingung, ini gambarnya ada dibawah, source : Google.co.id). Ini bisa di beli di toko bangunan terdekat. Pengait pigura ini digunakan untuk penyambung gantungan rantai yang ada di bawah pegangannya. Maaf saya juga nggk sempat ngefoto pada bagian proses ini

  6. Semua komponen sudah terpasanag, selanjutnya menutupi pori2 yang ada di busa ati, Siapkan Lem kayu rajawali, Ambil secukupnya saja dan taruh di gelas / wadah apapun, beri air sedikit lalu aduk sampai merata, kalo bisa jangan terlalu encer. Ambil kuas, olesi bagian2 busa ati dengan lem kayu tadi menggunakan kuas. lalu jemur sampai kering. Setelah kering lapisi lagi dengan lem kayu tadi, lalu jemur lagi. Menurut sensei saya, lapisan yang udah lumayan itu kira2 minimal 8 kali lapisan. Kalo lapisannya tipis, kadang cat masih bisa masuk di pori2 yang belum ketutup sama lem kayu. Nah hasilnya lapisannya bisa dilihat seperti dibawah ini


  7. Setelah proses pelapisan udah selesai, kita amplas dulu bagian busa ati menggunakan rempelas tipis (kalo menurut pegawai tokonya namanya rempelas aquaprof, aq sendiri juga bingung). amplas dengan hati2, yang terpenting supaya lapisan lem kayu bisa halus. Lalu kita masuk proses pengecatan. Dalam pengecatan ini ada 2 hal yang bisa dilakukan, pertama di cat dasar putih dulu lalu baru di cat warna utama / hitam. Tp kalian bisa langsung warna hitam, kalo tidak mau repot2 ngewarna dasar. Tapi dalam tutorial ini saya kasih dasaran putih cuma dibagian busa atinya.
  8. Selanjutnya kita cat semuanya dengan warna hitam, Di tutorial ini bagian pegangan pedang tidak saya cat karena nantinya saya lapisi sticker / skotet warna merah. Setelah cat hitam, kita cat menggunakan pilox clear biar tambah mengkilap warna hitamnya

  9. Proses pengecatan sudah selesai, kita masuk pada proses pembuatan pegangannya. Siapkan sticker warna merah, potong seukuran pegangan yang ada di pedangnya, lalu tempel.

  10. Nah setelah ini adalah proses terakhir, dan ini bagi pemula terkadang agak kesulitan. Yaitu bikin ikatannya / bisa disebut "Tsuka". Saya sendiri pun juga masih belajar, kalo kesulitan bisa cari tutorialnya di youtube dengan kata kunci "Make tsuka in katana". Kita siapkan pita hitam dan lem castol, untuk yang udah profesional nggk perlu pake lem castol. Lem castol disini biar ikatan yang kita buat tidak longgar sewaktu dikerjakan, repot kan kalo sampai longgar. Buat ikatannya sampai ujung bawah.

Akhirnya sampai juga di penghujung tutorial ini, Pedang Tensa Zangetsu Ichigo selesai dibuat. Terakhir tinggal kita foto2 lalu posting di FB :v hahahah.


Mudah bukan, meskipun tutorial yang saya buat tidak maksimal. Sekian dari saya, kurang lebih nya mohon maaf, tunggu tutorial lain dari Gremory Cosmaker selanjutnya. Bye.........!!!!

12 comments:

  1. Mas mau tanya, itu kayu yang ada di foto ente pakai kayu jenis apa? Terus buat plamir kayunya mereknya apa? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini pake kayu kilo'an. kayaknya sih kayu jati. harganya pun cuma 5rb'an. Kalo plamir nya bisa di beli di toko bangunan. kalo nggk salah harganya 13rb. kalo mau hasil nya bagus pake dempul mobil

      Delete
  2. Kak klo pedang fushimi saruhiko dari anime k project bsa dibuatkan tutorialnya gk

    ReplyDelete
  3. gw melihat kaki gundam disitu? strike freedom kah?

    ReplyDelete
  4. mksh totorialnya kepingin buat pedang juga jd bersmngat mksh ilmunya kwn

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak atas panduannya :D
    nonton film online
    rupiahqq
    rupiah qq

    ReplyDelete
  6. Samurai from Japan has been known since time immemorial. And even today is still preferred by many people
    togel singapore

    ReplyDelete
  7. Kang kalo kayunya perkiaraan/rata-ratanya barap tuh,sama tebel pedangnya

    ReplyDelete
  8. Kang kalo kayunya perkiaraan/rata-ratanya barap tuh,sama tebel pedangnya

    ReplyDelete
  9. plamir kayu sama capi kaya gimana ?

    ReplyDelete
  10. Kak kalau untuk papan kayu nya yg panjang 120cm itu berapa harganya? Terus rekomen kayu tipe apa?

    ReplyDelete